Inilah 10 Cara Ampuh Menghilangkan Stres!

Nah, stres ini ternyata hampir semua kalangan pernah mengalami yang namanya stres! Pasti kalian di sini udah pada pernah kan? Ay...




Nah, stres ini ternyata hampir semua kalangan pernah mengalami yang namanya stres! Pasti kalian di sini udah pada pernah kan? Ayo.. ngaku! 

Stres bisa disebabkan banyak faktor, di antaranya diputusin pacar, nggak dapat sangu, salah jurusan kuliah, tanggal tua, dan masih banyak lagi faktor lainnya.
Keberadaan stres ini ternyata juga nggak bisa diremehkan lho. Kalo terus dibarin, bisa-bisa kamu bunuh diri! Parah banget kan?



1. Sering-seringlah dekat dengan orang yang kamu sayangi!
Kenapa? Karena orang-orang terdekatmulah yang memberi energi ke kamu. Ibaratnya orang yang kamu sayangi itu jadi charger-nya, sementara kamu baterainya. Orang yang kamu sayangi bisa ortu, kakak, adek, dsb. Sering-seringlah minta pendapat pada mereka, mungkin bisa saja mereka punya solusi masalah yang sedang kamu alami. Bukannya hanya mereka yang tau tentang diri kamu?


2. Curhatlah dengan Tuhan yang Maha Pemberi Solusi!
Dengan mendekatkan diri kamu ke Tuhan, pasti sangat terasa efeknya, rasanya hati kamu ademTrust me, saya udah coba. Kok bisa? Karena dengan itu, kamu bisa curhat dengan pemberi masalah itu. Coba saja lihat ayat ini,


“Hanya dengan mengingatku, hati akan menjadi tenang." (QS. Ar-Ro’d : 28)

Logikanya, orang yang membuat teka-teki, lalu menguji orang lain untuk mengerjakannya. Pembuat teka-teki (masalah) sebagai Tuhan, dan yang mengerjakannya (yang diuji) itu kita! Jadi, kalau kita tidak bisa mengerjakannya sendiri, langsung saja hubungi pembuat teka-teki tersebut. 

Ingat, masalah itu sebenarnya ujian yang ditujukan pada kita. Jadi berusahalah dahulu, baru meminta pada Tuhan yang Maha Tahu. Karena usaha tanpa do'a itu bohong!



3. Berpikirlah positif dan ambil sudut pandang lain!
Positive thinking aja guys! Ternyata cara ini sudah dipublikasikan di banyak jurnal universitas, seperti UGM, UAD, UMY, UIN dan banyak lagi.

Selain membuat produktivitas kita meningkat dan mencegah penuaan, ini juga dapat menghangus-bumikan rasa stres kamu. Kita berpikir postif terkait suatu masalah yang kita alami, seringkali kita akan mampu menemukan hal-hal yang baik dari suatu bencana sekalipun, tentu tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Berpikiran positif membuat kita memandang segala sesuatunya akan baik-baik saja nantinya. 


Segera ubah pikiran negatif kamu! Percaya saja kalau ujian tersebut, kamu bisa menggali hikmah dari sana. Percaya saja kalau ujian itu, syarat kamu untuk naik level menjadi pribadi yang lebih baik.


Mulai saat ini, ubah mindset negatif kamu menjadi positif!

Contoh si A lagi ngerjain soal ujian  :
Negatif : "Aduh... Kog susah banget nih soal!"
Positif  : "Mungkin Allah mau aku untuk usaha dulu.."

Contoh si B lagi travelling : 

Negatif : "Ah.. Kok banyak durinya sih jalan.."
Positif : "Tenang.. Bersusah-susah dulu, seneng-seneng kemudian!"

Bisa kita liat, kan, perbedaannya?






4. Sempatkan waktu untuk berolahraga.
Saat kita stres, maka otomatis tubuh kita akan mengeluarkan hormon kortisol dan epineprin. Merekalah hormon depresan yang mampu meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Saat stres, tubuh kita akan memproduksi kortisol dan epineprin diproduksi terus-menerus, sehingga kita mengalami stres kronis. Makanya, orang yang stres akan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuhnya.

Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga yang teratur dapat menurunkan stres. Karena selain memproduksi kedua hormon tadi, juga memproduksi norepineprin sebagai anti-depresan. Salah satunya yaitu penelitian yang melibatkan 49 perempuan stres berat, yang kemudian diminta untuk melakukan olahraga teratur selama 8 minggu berturut-turut, menunjukkan terdapat penurunan kadar kortisol dan epineprin pada urine mereka. Selain itu, hasil tes psikologi yang dilakukan pada kelompok tersebut menunjukkan bahwa tingkat stres mereka berkurang, bahkan hilang sama sekali.



Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hormon serotonin dan endorfin, yang biasa disebut dengan hormon bahagia. Dengan adanya peningkatan hormon tersebut, dapat membuat tubuh merasa rileks, tenang, dan bahagia.

5. Lakukanlah me time

Me time adalah momen dimana kita dapat beristirahat sejenak dari aktivitas sehari-hari. Dengan me time, kamu bisa melakukan apa saja yang kamu suka, tanpa menuruti keinginan orang lain. Meluangkan waktu untuk diri sendiri tidak memerlukan dana yang besar, sebenarnya di tengah kesibukanpun kita bisa melakukannya. Me time tidak harus dengan liburan ke luar kota, ke mall, atau hotel. Kamu dapat melakukannya dengan membaca komik, menonton film, dan sebagainya.



6. Renungkan kembali awal tujuan hidupmu!

Renungkan kembali apa tujuan kamu hidup saat ini. Coba kita pikir, kalau sekiranya manusia dalam berfikir, berkata, dalam melangkah dan melakukan sesuatu yang senantiasa didasari tujuan hidup kita tadi, pasti kita akan berfikir dua kali sebelum melakukannya. 

Dengan demikian, hidup kita terorganisir dengan baik, bukannya acak-acakan. Jika sudah terorganisir, resiko stresmu akan berkurang otomatis. Maka, renungkanlah untuk apa kamu hidup dari sekarang!





7. Jangan lupa untuk refleksi diri.
Meditasi memang tidak boleh diabaikan. Perlu kamu tahu, tujuan utama meditasi ini adalah melatih kesadaran. Mereka yang rutin melakukannya, akan selalu berhati-hati terhadap apa yang dilakukannya atau keputusan yang mereka ambil. Selain itu, meditasi juga memberikan ketenangan yang lebih, membuat pikiran kita reflexDalam penelitian di tahun 2010 terhadap tentara AS yang bersiap perang, mereka yang berlatih meditasi selama 8 minggu diketahui memiliki kesadaran lebih tinggi dan lebih tenang.

8. Sekali-kali berwisata di alam bebas.

Poin ke 8 ini akan menyarankanmu untuk berwisata demi menghilangkan kebosananmu. Seringkali kebebasan kita dibelenggu oleh rutinitas harian kita sendiri. Dengan menikmati panorama alam, menghirup udara segar, hingga merasakan ketenangan alam, kamu bisa melepaskan beban pikiran dan menyegarkan otakmu. 

9. Hindari sifat materialistis!

Untuk poin yang satu ini, juga sangat penting bagi kita semua. Karena selain menjadi stres, hatimu bisa juga akan menjadi keras. Dengan sifat duniawi ini, kita seakan-akan melupakan dunia akhirat, seolah-olah kita hidup selamanya, dan berpikir uang adalah segala-galanya.

Solusi saya, sadarilah bahwa uang itu datang dan pergi. Sadarilah juga bahwa pribadi diri sendiri lebih penting dari apapun. Inilah salah satu pelajaran hidup yang harus kita camkan.





10. Jangan terlalu sering begadang!
Tidurlah yang cukup, minimal 6-8 jamlah. Dengan tidur yang cukup, pikiranmu akan di-refresh dan sel-sel meregenerasi dengan sendirinya . Tapi, ingat juga. Tidur boleh, tapi jangan sampai kekurangan atau kelebihan ya!

Mario Teguh juga mengungkapkan,

"Tidurlah yang cukup, perbaikilah kualitas tidur Anda. Orang yang gampang stres, biasanya kurang atau terlalu banyak tidur."

Jadi, sekarang kamu sudah punya anti-stress?
-
Referensi :

COMMENTS

Nama

Android,1,Cerita Motivasi,1,Gaya Hidup,2,Hardware,1,Hubungan,1,Kisah Insipiratif,1,Mindset,1,Motivasi,1,Renungan,1,Review,1,Tips,1,
ltr
item
Kasih Tau Aja!: Inilah 10 Cara Ampuh Menghilangkan Stres!
Inilah 10 Cara Ampuh Menghilangkan Stres!
https://2.bp.blogspot.com/-FoRmKoKeBWQ/WVzerFiPHkI/AAAAAAAAAQs/DaHG3ap1EDkrnXm02L1s3hUupE2nAR2kQCLcBGAs/s640/stres.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-FoRmKoKeBWQ/WVzerFiPHkI/AAAAAAAAAQs/DaHG3ap1EDkrnXm02L1s3hUupE2nAR2kQCLcBGAs/s72-c/stres.jpg
Kasih Tau Aja!
http://www.kasihtauaja.com/2017/07/cara-ampuh-menghilangkan-stres.html
http://www.kasihtauaja.com/
http://www.kasihtauaja.com/
http://www.kasihtauaja.com/2017/07/cara-ampuh-menghilangkan-stres.html
true
6004137097596203527
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy